Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Minggu, 29 November 2009

Sablon Kaos (Digital) Dengan Sublimation Flock

Berikut adalah tutorial sablon (digital) dengan sublimation flock. Kali ini yang lebih ditekankan adalah proses pembuatan secara full digital. Adapun bahan yang digunakan ada dua yaitu sublimation flock dan flex. Proses pembuatannya adalah sebagai berikut :

01. Desain



Buat desain yang anda inginkan kemudian beri efek mirror.











02. Cutting



Letakan flex pada mesin cutting plotter untuk dipotong sesuai dengan kontur yang telah didesain (bagian yang ada plastiknya menghadap ke bawah)









03. Peel



Kupas bagian yang tidak di butuhkan, sedangkan bagian yang di butuhkan masih tetap melekat pada plastiknya.










04. Press



Setelah itu letakan di atas kaos dengan posisi menghadap ke atas dimana lapisan plastiknya menghadap ke atas. Press dengan suhu sekitar160 derajat selama 15 detik. Setelah itu proses flex pun selesai dilakukan.








05. Desain Ke-2



Selanjutnya yaitu membuat desain gambar yang lain, dengan warna yang lain. Yang nantinya akan dikombinasikan dengan gambar yang pertama tadi. Setelah di desain, jangan lupa untuk membuat efek mirror pada gambar.







06. Print (sublime)



Print pada kertas biasa (HVS) atau kertas inkjet.











07. Press



Letakan kertas yang telah diprint tadi di atas kertas flock dimana bagian yang terprint menghadap ke kertas flock. Setela itu press dengan suhu 200 derajat selama 40 detik.









08. Lepaskan kertas print



Setelah di press, buka dan lepaskan kertas print sublimasi tadi. Sekarang gambar telah tertransfer pada kertas flock.










09. Cut



Langkah selanjutnya adalah, memotong outline gambar dengan menggunakan cutting plotter (countur cut). Tapi dalam projek ini karena gambar hanya simple berbentuk segi empat maka memotongnya cukup dengan menggunakan gunting saja.







10. Kupas



Setelah di gunting, kupas lapisan backing papernya.











11. Press



Kemudian letakan di atas kaos dengan bagian terprint menghadap ke atas. Setelah itu press dengan menggunakan suhu 160 derajat selama 15 detik.









12. Finished



Kaosnya telah selesai dan siap untuk dipakai.











Proses ini hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat dengan proses pengerjaan yang rapih dan bersih. Selain itu cara ini dapat dengan mudah dipelajari dan diterapkan oleh siapapun. Jadi tunggu apalagi? Buat kreasi kaos anda sekarang juga!*** (sumber : nararya - kaskus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar