Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Minggu, 29 November 2009

Sablon Kaos Dengan Bahan Flex (Digital)

Oke deh…. berarti pakai triks cutting per layer per color Proses ini hanya dapat dilakukan untuk flex yang tidak bisa ditumpuk. Dimana cara yang digunakan adalah cutting per layer per colour. (NB : ada beberapa jenis flex yang bisa ditumpuk-tumpuk sehingga desain dan cut-nya lebih bebas untuk diaplikasikan sesuka hati (coba pakai flex powerdigital dan velflex)). Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya :

01. Desain gambar



Pertama yang harus dilakukan adalah desain gambar dan kemudian memisahkan masing-masing warna pada masing-masing layer. Eksport perwarna ke format *eps atau *dxf atau *plt (prefer eps). Hal ini dikarenakan mesin cutting yang digunakan hanya menerima file vector eps, dxf atau plt.


02. Cutting



Cutting per warna. (jangan lupa cutting dengan mode mirror image).












03. Peel



Cabut atau lepaskan bagian yang tidak di inginkan secara perlahan-lahan.












04. Letakan Menghadap ke Kaos dan Press.


Posisikan layer yang paling utama terlebih dahulu (terbesar dan melingkupi objek. Dalam kasus contoh adalah yang berwarna hitam). Press pada suhu dan waktu yg ditentukan (NB : baca instruksi manual masing-masing flex). Untuk flex bung Yofin, di mesin saya memakai suhu 160 derajat dengan waktu 15 detik. Berhubung karena kasus ini adalah multi layer, maka dikurangi waktunya menjadi 10-12 detik karena proses press akan dilakukan selama beberapa kali.

05. Peel



Cabut atau lepaskan plastik nya.













06. Posisikan Layer Kedua



Letakan dan posisikan warna kedua (dalam kasus contoh adalah yang berwarna putih). Karena menggunakan plastik tembus pandang maka mudah dipantau langsung oleh mata. Untuk membuatnya menjadi presisi, anda dapat memakai bantuan registration mark.








07. Press

Setelah itu press cover layer pertama dengan suhu yang sama (dalam kasus contoh adalah yang berwarna hitam) dengan menggunakan plastik tahan panas. Dapat juga digunakan plastik baking papernya.

08. Peel



Buka baking papernya.













09. Posisikan Layer Ketiga



Selanjutnya posisikan layer ketiga (dalam kasus ini adalah yang berwarna merah).












10. Press

Press kembali bersama cover bagian hitam dan merah dengan plastik tahan panas.

11. Peel



Selanjutnya cabut baking papernya.













12. Finish



Kaosnya telah selesai dan siap untuk digunakan. (NB : apabila ada beberapa detail yang ingin ditambahkan seperti dalam kasus contoh adalah pada bagian mata, hidung dan tulisan, maka dapat dipress kembali seperti pada step sebelumnya).









Tips untuk menggunakan metode multi layer seperti ini pada umumnya dapat diterapkan apabila flex tidak bisa ditumpuk. Oleh sebab itu perlu untuk memisahkan masing-masing warna yang ada. Usahakan layer pertama yang paling besar dan mengcover area gambar dibuat “bleeding”, artinya lebih besar sedikit dari gambar. Hal ini untuk menjaga ada bagian yang bolong atau tidak tertutup dengan rapih.

Selain itu waktu untuk press juga dapat dikurangi dari instruction manualnya. Misalkan harusnya 15 detik, maka dapat dikurangi menjadi 10-12 detik. Hal ini dilakukan karena flex akan dipress secara berulang-ulang, sehingga dengan waktu yang relatif lebih cepat, flex tidak akan menjadi lumer karena terlalu lama dipanaskan.

Demikian tips menyablon kaos secara digital dengan menggunakan bahan flex.***
(sumber : Nararya - kaskus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar